Kelompok 6:
Ø Nisva Elvira Lubis (111402009)
Ø Tommy F Nainggolan(111402063)
Ø Juliandri Estomihi (111402067)
Ø Nugroho Syahputra (111402071)
Ø Putra(111402091)
Ø Dhany Rizki Syahputra(111402105)
TEORI
PENGUATAN OLEH SKINNER
v Tokoh dari Teori Penguatan Positif
Burrhusm Frederic Skinner (lahir di Susquehanna, Pennsylvania, 20
Maret 1904 – meninggal
di Massachusetts, 18
Agustus 1990 pada umur 86
tahun) adalah seorang psikolog Amerika
Serikat terkenal
dari aliran behaviorisme.
Inti pemikiran Skinner adalah setiap manusia bergerak karena mendapat
rangsangan dari lingkungannya. Sistem
tersebut dinamakan "cara kerja yang menentukan" (operant conditioning). Setiap makhluk hidup pasti selalu
berada dalam proses bersinggungan dengan lingkungannya. Di dalam proses
itu, makhluk hidup menerima rangsangan atau stimulan tertentu yang membuatnya
bertindak sesuatu. Rangsangan itu
disebut stimulan yang menggugah. Stimulan
tertentu menyebabkan manusia melakukan tindakan-tindakan tertentu dengan
konsekuensi-konsekuensi tertentu.
Skinner menempuh pendidikan dalam bidang Bahasa
Inggris dari Hamilton College. Beberapa tahun kemudian, Skinner
menempuh studi dalam bidang psikologi di Universitas Harvard.[1] Pada tahun 1936, Ia mengajar di Universitas Minnesota,
dan pada tahun 1948, ia mengajar di Universitas Harvard sampai akhir hayatnya. Salah satu buku terbaik dalam bidang
psikologi yang ditulisnya adalah Walden
II.
v
Teori
Penguatan Positif
Penguatan
positif adalah penguatan berdasarkan prinsip bahwa
frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung (rewarding). Bentuk-bentuk penguatan positif adalah berupa
hadiah (permen, kado, makanan, dll), perilaku (senyum, menganggukkan kepala
untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol), atau penghargaan
(nilai A, Juara 1 dsb). Penguatan positif ada sesuatu yang ditambahkan atau
diperoleh
Ini
berarti ada pemberian tanggapan positif ketika seorang individu menunjukkan
perilaku positif yang dibutuhkan. Misalnya memuji mahasiswa untuk datang lebih
awal. Ini akan meningkatkan kemungkinan perilaku tersebut akan terjadi lagi.
Reward adalah positif untuk memperkuat atau stimulus, tapi belum tentu
demikian, jika dan hanya jika perilaku mahasiswa membaik, hadiah dapat
dikatakan sebagai dorongan yang positif. Penguatan positif merangsang
terjadinya perilaku.
Penguatan positif
|
||
Perilaku
Mahasiswa mengajukan
pertanyaan yang bagus
|
Konsekuensi
Dosen menguji mahasiswa
|
Prilaku kedepan
Mahasiswa mengajukan lebih banyak
pertanyaan
|
Penguatan negatif
|
||
Perilaku
Mahasiswa menyerahkan PR
tepat waktu
|
Konsekuensi
Dosen berhenti menegur Mahasiswa
|
Prilaku kedepan
Mahasiswa makin sering
menyerahkan PR tepat waktu
|
Hukuman
|
||
Perilaku
Mahasiswa menyela Dosen
|
Konsekuensi
Dosen mengajar Mahasiswa langsung
|
Prilaku kedepan
Mahasiswa berhenti menyela Dosen
|
Ingat
bahwa penguatan bisa berbentuk postif dan negatif. Dalam kedua bentuk itu,
konsekuensi meningkatkan prilaku. Dalam hukuman, perilakunya berkurang.
|
v
Hasil Diskusi Kelompok
Penguatan positif ialah proses pembentukan tingkah laku yang makin mendekati
tingkah laku yang diharapkan. Hal ini di dukung dengan adanya reward untuk
membangkitkan semangat seseorang untuk melakukan hal yang lebih baik lagi di
masa yang akan datang. Pada teori ini kata yang memotivasi seseorang tersebut
adalah kata-kata yang positif, sehingga di harapkan orang yang memberi stimulus
tersebut juga memperoleh respon yang baik. Hal yang positif tersebut merangsang
untuk melakukan hal tersebut secara berulang dan menjadi lebih baik.
v
Contoh konkrit sehubungan dengan dinamika kami
sebagai mahasiswa IT
Misalnya
seorang mahasiswa mengerjakan Tugas besar yang di berikan oleh Dosen pada
matakuliah tertentu. Lalu mahasiswa tersebut mengerjakan tugas besar itu dengan
baik. Oleh karena itu dosen tersebut memberi reward nilai yang bagus, bahkan
dosen itu mempercayakan suatu project untuk di kerjakan oleh mahasiswa yang
mendapatkan nilai baik. Sehingga dari project tersebut mahasiswa itu
mendapatkan uang. Uang itu juga di sebut reward atas kerja keras nya untuk
membuat project yang lebih baik tentunya. Oleh karena itu mahasiswa tersebut
lebih giat lagi untuk membuat project yang lebih bagus ketika mendapat tugas
besar.
v Testimony
Menurut saya Penguatan Positif merupakan tingkah laku yang bersifat positif yang bertujuan untuk membuat seseorang melakukan hal tersebut secara berulang dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk memperoleh hal yang lebih baik lagi dalam teori penguatan positif ada yang namanya reward. Reward ini sebagai penguat positif yang lebih memotivasi seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara berulang dan tentunya ketika perilaku seseorang itu menjadi lebih baik.
0 comments:
Post a Comment